Intip Mekanisme Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap Sebelum kamu Berinvestasi!

Salah satu jenis instrumen investasi yang dapat dipilih adalah investasi reksa dana pendapatan tetap. Namun banyak yang tidak mengetahui keuntungan reksadana ini.

Investasi RDPT (Reksa dana Pendapatan Tetap)

Investasi rdpt atau nama lain dari reksa dana pendapatan tetap umumnya lebih mengedepankan efek hutang dalam penempatan modal dari investor. Maksudnya yaitu dana yang diperoleh dan dikumpulkan dari investor akan dibelikan obligasi atau surat hutang yang memiliki jatuh tempo di atas satu tahun.

Hal ini berbeda dengan jenis reksa dana pasar uang dengan periode tidak sampai 1 tahun.
Walaupun periode waktunya sudah ditentukan, tetapi jenis investasi ini tetap menawarkan keuntungan secara rutin untuk investor. Misalnya, kamu ingin memperoleh keuntungan 3 bulan sekali atau sekitar 1 bulan sekali, maka kamu bisa mendapatkannya.

Nilai investasi ini minimal berlaku 80% dari total keseluruhan aset yang kamu miliki. Selain itu, kamu tidak harus melakukan apapun sesudah menanamkan modal. Sebab semuanya sudah dikerjakan pihak Manajer Investasi. Tugas kamu hanya tinggal menunggu laporan portofolio yang dikirimkan oleh Manajer Investasi setiap bulannya.

Mekanisme Investasi Reksadana Pendapatan Tetap

Sebenarnya mekanisme investasi reksa dana pendapatan tetap cukup simpel, mirip seperti investasi jenis lainnya. Hanya saja, modal yang diperoleh untuk membeli obligasi dan surat hutang didapat dari hasil pengumpulan dana investor, sehingga nominalnya sangat besar.

Jika dana yang diinvestasikan semakin besar, maka persentase keuntungannya juga akan semakin besar. Namun kali ini tidak berbentuk bunga, tetapi sama seperti investasi pasar uang. Sehingga tidak berpengaruh dengan tingkat fluktuasi suku bunga. Namun sebagai gantinya, investasi jenis ini memakai Nilai Aktiva Bersih atau NAB dalam menentukan keuntungannya.
Apabila nilai NAB-nya lebih tinggi dibanding saat investasi awal, artinya keuntungan akan diperoleh dari setiap gabungan pemodal.

Misalnya, kamu berinvestasi dengan dana sebesar Rp. 15.000.000,00 dengan harga sekitar 1.000 setiap unitnya, dengan begitu kamu akan memperoleh sebanyak 15.000 unit. Apabila selama 1 tahun harga setiap unitnya meningkat menjadi 1.500, maka kamu akan memperoleh keuntungan sebanyak 500 per unit. Ini artinya, total jumlah keuntungan yang kamu peroleh yaitu 15.000 x 500 sehingga profit yang didapat adalah Rp. 7.500.000,00.

Kenapa Harus Memilih Investasi RDPT?

Ada banyak benefit yang dapat kamu rasakan dengan investasi rdpt, antara lain :
1. Menawarkan imbal hasil cukup tinggi yang didapat.
2. Modal yang harus kamu siapkan untuk berinvestasi tidak perlu modal besar.
3. Memungkinkan imbal hasil yang didapat bebas pajak.
4. kamu bisa mencairkan keuntungan yang diperoleh kapan saja.
5. Pengelolaan dana investasi dilakukan oleh Manajer Investasi.

Jika kamu sedang memilih produk reksadana yang sesuai, mungkin kamu bisa berkenalan dengan Manulife Ifunds. Dengan Manulife Ifunds Kamu dapat merencanakan tabungan reksadana kamu untuk keperluan rencana pensiun, persiapan sekolah anak, hingga dana darurat.

Dengan Manulife Ifunds kamu tidak perlu repot-repot lagi mengelola dana yang diinvestasikan. Karena pengelolaan investasi reksa dana pendapatan tetap dilakukan oleh manajer investasi.

Previous Article