Kenali Electric Winch dan Perbedaannya dengan Winch

Winch merupakan salah satu peralatan yang sering kita jumpai dalam deck kapal. Fungsinya ialah untuk mengulur dan menarik beban berat  sebagai pengganti tenaga manusia. Jadi bisa dikatakan bahwa winch disebut juga sebagai alat derek. Pemakaiannya tidak hanya terbatas untuk kapal-kapal yang berukuran besar saja tetapi alat ini juga digunakan untuk kapal kecil.

Mengenal Electric Winch

Electric Winch adalah winch yang memanfaatkan motor listrik yang menjadi penggeraknya. Tipe winch yang satu ini bisa dikatakan paling terkenal dan banyak digunakan. Proses produksinya memang sangat komprehensif dengan memanfaatkan teknologi sekaligus pengembangannya bersifat kontinu. Inilah yang membuat tipe winch ini berkualitas, handal dan lebih baik.

Perbedaan Electric Hoist dan Winch 

Penggunaan mesin elektrik pada winch sendiri bisa dikatakan lebih praktis untuk menunjang aktivitas pekerjaan dan membuatnya lebih produktif. Winch jenis ini digunakan untuk menarik barang melalui metode horizontal. Lain halnya dengan hoist yang sistem kerjanya dengan menarik barang vertikal yaitu dari bawah hingga ke atas. Sedangkan winch sendiri diterapkan untuk menarik barang ke samping. Winch sebenarnya juga memiliki versi manualnya.

Akan tetapi banyak orang yang lebih tertarik dengan versi elektriknya. Selain itu, winch juga bisa menarik beban dalam bobot yang berat yaitu dari ratusan kg hingga massa berton-ton. Berdasarkan sumber tenaga listriknya, winch dibagi ke dalam 2 jenis diantaranya winch industri yang memanfaatkan sumber listrik AC ke dalam inputnya dan offroad winch memakai sumber listrik DC. Namun walaupun input pada arus listriknya tidak sama akan tetapi keduanya memiliki prinsip kerja yang sama.

Bagian-Bagian pada Winch

Biasanya penggunaan electric hoist akan berbarengan dengan winch yang menggunakan tenaga listrik. Selain itu, winch biasanya digunakan pada industri perkapalan. Namun sebelum menggunakannya ada beberapa bagian pada winch yang harus Anda ketahui berikut ini :

a. Box Panel

Box panel adalah unit gabungan pada 1 box. Apabila dibongkar, Anda bisa menemukan berbagai macam komponen elektrik di dalamnya seperti rectifier, contractor, trafo dan lainnya.

b. Remote Control

Bagian pada winch ini berguna untuk memegang kontrol atau kendali pada sistem agar lebih mudah menarik beban. Remote harus memiliki emergency stop agar lebih aman dalam kondisi tertentu.

c. Hook

Letak hook tersebut terdapat di bagian paling ujung winch. Hook memiliki fungsi paling utama sebagai alat kait beban sekaligus dapat menahan beban atau barang yang ditarik.

d. Gear Train

Adalah bagian pada winch yang berfungsi untuk mengkonversi gaya. Alat yang satu ini dapat menerima tenaga dari motor untuk selanjutnya mengubahnya sebagai sumber tenaga yang digunakan untuk menarik atau mengangkat beban.

 

e. Wire Rope

Panjang rope tersebut bisa berbeda serta dapat dibebaskan menyesuaikan kebutuhan. Wire rope pada winch memiliki panjang yang bervariasi dari 30m hingga 200m.

Megajaya.co.id Jual Electric Winch

Sumber : Megajaya.co.id

Jika Anda sedang mencari winch untuk kebutuhan industri perkapalan atau industri manufaktur yang membutuhkan alat ini, maka di Megajaya.co.id inilah tempatnya. Megajaya menjual electric winch terbaik dari merk-merk berkualitas. Anda bisa memilih winch berkualitas dan terbaik sesuai kebutuhan. Cek dan beli electric winch disini sekarang juga!

Previous Article
Next Article