Panduan Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

Panduan Penulisan Daftar Pustaka dari InternetDaftar pustaka adalah data sumber atau referensi yang digunakan untuk membuat karya tulis. Referensi yang ditulis dalam daftar pustaka bisa bermacam-macam. Ada yang berasal dari buku, jurnal, dan internet. Berikut adalah aturan penulisan daftar pustaka dari internet yang baik dan benar.

Nama Penulis

Nama penulis dituliskan pertama kali, sama seperti urutan penulisan daftar pustaka dari jurnal maupun buku. Nama penulis dituliskan terbalik yaitu nama belakang ditulis lebih dahulu baru disusul nama depan. Jika ada dua penulis artikel atau lebih maka yang penulisannya dibalik hanya nama penulis pertama.

Tahun Terbit

Sama seperti penulisan daftar pustaka dari buku, setelah nama penulis Anda harus mencantumkan tahun terbit. Tahun terbit yang dimaksud di sini adalah tahun terbit artikel. Biasanya dicantumkan tanggal dan tahun artikel dibuat. Penulisan tahun terbit artikel dan nama penulis artikel dipisahkan memakai tanda titik.

Judul Artikel

Judul artikel harus dituliskan secara lengkap dan jelas. Judul artikel pada daftar pustaka ini tidak perlu dicetak miring. Anda bisa memberikan tanda kutip pada judul artikel. Pada beberapa teori, penulisan judul artikel juga bisa dilengkapi dengan garis bawah tanpa tanda kutip.

URL dan Tanggal Akses

Setelah judul artikel, tuliskan URL tempat Anda mendapatkan artikel. URL dituliskan dengan lengkap agar tidak terjadi kesalahan penelusuran. Setelah URL, tuliskan tanggal artikel tersebut diakses. Anda bisa memberikan tanda kurung pada keterangan tanggal akses artikel.

Contoh

Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka yang berasal dari artikel di internet :

Wartono, Agung. 2011. “Manfaat Internet dan Gawai terhadap Bisnis di Bidang Pertanian”, dalam www.manajemen.go.id/articles/pertanian (diakses tanggal 5 Januari 2018).

Yulianti, Masitah. 2006. Pengaruh Gawai pada Pertumbuhan Fisik Anak, dalam www.tumbuhkembanganak.co.id/articles/ibudananak, diakses tanggal 6 Januari 2018).

Itulah tadi beberapa aturan penulisan daftar pustaka dari internet. Anda bisa melihat contoh-contoh lainnya sebagai pembanding cara penulisan daftar pustaka. Sebelum menggunakan sumber artikel dari internet, baca dulu dengan cermat. Pastikan referensi yang Anda gunakan terpercaya dan ditulis dengan dasar yang kuat.

Next Article