Sales Dan Marketing Adalah Dua Hal Yang Berbeda?

Seringkali kita kesulitan membedakan antara sales & marketing, padahal fungsi sales atau marketing cukup berbeda. Dalam sebuah perusahaan, terdapat berbagai department, bagian, atau divisi berbeda yang tentunya memiliki tugas masing-masing, misalnya saja customer service, sales, marketing, programmer, dan masih banyak lagi. Mungkin Anda pernah atau sering mendengar bagian atau divisi Sales Marketing sering menjadi perdebatan. 

Banyak orang mengira bahwa sales dan marketing adalah satu hal yang sama karena fungsi dan tugasnya dianggap sama. Tidak hanya dari sisi pekerja saja, beberapa perusahaan juga terkadang mencampuradukkan fungsi dari kedua bagian pekerjaan ini. Walaupun sales dan marketing merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai revenue, tapi nyatanya kedua hal tersebut merupakan dua hal yang berbeda. 

Umumnya masyarakat melihat sales dan marketing sama yakni menjual produk. Sales dan marketing memang bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target. Namun, fokus kegiatan antara sales dan marketing merupakan hal yang berbeda. Agar Anda lebih memahaminya, di sini akan dibahas lebih lanjut tentang sales marketing.

Sales merujuk pada semua aktivitas penjualan barang dan jasa. Orang yang bertugas di divisi sales memiliki tanggung jawab menjaga hubungan dengan calon klien yang akhirnya berujung pada penjualan. Sementara marketing meliputi segala hal yang membantu meningkatkan ketertarikan pada barang dan jasa yang dijual. 

Departemen marketing memiliki tanggung jawab menjalankan campaign untuk menarik perhatian pada barang dan jasa yang dijual, dengan kata lain menciptakan market atau “lahan jualan”. Namun, dari segi yang lain, perbedaan sales dan marketing dapat dibedakan dari beberapa aspek.

1. Strategi

Sales tidak terlalu mementingkan cara menjaga citra produk, namun lebih pada cara menginformasikan kelebihan produk agar konsumen tertarik untuk membelinya. Sedangkan marketing akan selalu berusaha menjaga citra produk agar pelanggan bisa dengan cepat memutuskan untuk membeli ditawarkan karena telah mengetahui kualitas dari produk tersebut.

2. Hubungan dengan Pelanggan

Hubungan antara sales dengan pelanggan hanya sebatas dalam proses transaksi jual-beli dan sales tidak bertanggung jawab untuk menjaga hubungan yang baik atau jangka panjang. Sedangkan marketing harus tetap menjaga hubungan dengan pelanggan dari awal transaksi sampai dengan setelah melakukan transaksi agar konsumen tetap loyal dengan brand perusahaan.

3. Proses Kerja

Sales akan mendekati dan menghadapi langsung konsumen dengan berbagai cara. Sedangkan marketing hanya menyiapkan “alat” dan konsep yang akan membuat customer mencari barang dan produk yang sudah disiapkan oleh perusahaan. 

4. Ruang Lingkup Pekerjaan

Sales cenderung bersifat short term sementara tim marketing lebih bersifat long term karena harus menjaga hubungan dan membina relasi yang harmonis dengan para partner dan vendor yang terkait pemasaran produk.

5. Prioritas dan Fungsi

Sales harus melayani konsumen dan membantu untuk mendapatkan produk yang dicari. Sedangkan marketing harus mendapatkan konsumen, menjangkau konsumen, dan membangun hubungan yang baik.

6. Tujuan

Sales hanya bertugas agar produk perusahaan laku terjual sesuai target. Sementara marketing, wajib menjaga brand image perusahaan agar keputusan konsumen mengetahui kualitas produk dan tertarik untuk membeli produk tersebut.

7. Aktivitas Kerja dan Target

Sales akan langsung berurusan dengan konsumen dalam aktivitas dan target, sedangkan marketing melakukan segala aktivitas pemasaran dari belakang untuk menganalisis keberhasilan target kerja.

Sekarang Anda seharusnya sudah memahami lebih jauh tentang perbedaan antara sales dan marketing. Memang sales dan marketing tidak bisa berjalan sendiri-sendiri. Tim sales akan hilang arah jika tim marketing tidak mampu menganalisis secara tepat kebutuhan dan budaya pasar yang jadi target produk.

Jika Anda seorang pebisnis, Anda bisa mengunjungi blog bisnis di website tom mc ifle. Terdapat berbagai artikel yang membahas tentang sales marketing hingga bisnis. 

Previous Article
Next Article