Tips Menggunakan Social Media Ads dengan Facebook

Social media ads saat ini banyak dipergunakan untuk keperluan bisnis. Misalnya facebook. Awalnya, facebook dipergunakan sebagai media untuk berkomunikasi. Banyak yang menggunakannya untuk saling berbagi informasi dan ide. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Facebook juga digunakan sebagai bisnis.

Di data tahun 2020, Facebook berada di posisi ketiga dengan 82%. Jumlah tersebut sangat besar dan jika dimanfaatkan dengan mengiklan, maka Anda bisa mendapatkan penghasilan dan konversi yang tinggi. Agar berhasil, simak artikel terbaik kami ini.

Tujuan Iklan

Sebelum Anda menggunakan social media ads, maka Anda harus menentukan tujuan iklan terlebih dahulu. Ini disebabkan karena iklan yang ada di facebook memiliki 3 kategori yaitu kesaran, konversi dan pertimbangan. Masing-masing dari kategori tersebut memiliki fungsi berbeda. Misalnya untuk branding, lebih untuk mengenalkan produk agar semakin dikenal oleh orang.

Target Audience

Setelah tahu untuk apa, Anda bisa menentukan targetnya. Misalnya berdasarkan pada usianya, lokasi, kesukaan, ukuran badan, behaviour dan yang lainnya. Kenapa harus menentukan target? Agar iklan Anda tidak sia-sia dan lebih tepat sasaran.

Tips Menggunakan Social Media Ads dengan Facebook
Tips Menggunakan Social Media Ads dengan Facebook

Bayangkan, Anda menawarkan produk properti namun kepada semua orang bahkan ke orang yang memiliki penghasilan kurang. Akibatnya, iklan tersebut tidak berjalan dengan sempurna, tidak ada konversi, penjualan dan bahkan membuat pembiayaan menjadi membengkak. Karena hal tersebut, tentukan lebih dahulu pangsa pasar yang akan Anda sasar sehingga lebih hemat waktu, energy, dan tepat sasaran.

Konten Menarik

Sesuaikan konten dengan tujuan iklan, ada beberapa iklan yang memicu seseorang untuk melakukan sesuatu. Misalnya membeli, mengklik ataupun mengetahui produk.

Selain menyesuaikan tujuan iklan, Anda juga harus menyesuaikan dengan ketentuan dari facebook. Baik gambar ataupun video. Selain itu, perhatikan beberapa hal berikut ini:

  1. Buat konten yang yang menarik.
  2. Headline dan judul yang menarik agar bisa menarik pembaca.
  3. Buat deskripsi yang jelas.
  4. Adanya Call to Action atau CTA. Misalnya dengan hubungi kami sekarang juga.

Format Iklan yang Tepat

Sebagai salah satu media sosial yang banyak digunakan di seluruh dunia, Facebook ads memiliki 4 jenis format iklan yang dapat dipilih dan dipergunakan. 4 jenis format tersebut adalah:

  1. Iklan gambar tunggal untuk brand awareness, membangun interaksi, meningkatkan trafik bisnis.
  2. Iklan video tunggal untuk menjangkau calon konsumen lebih banyak dan untuk berinteraksi dengan audience.
  3. Iklan tayangan slide untuk semua tujuan iklan. Anda bisa menggunakan video ataupun gambar.
  4. Iklan carousel bisa digunakan untuk semua tujuan iklan baik dengan menggunakan video ataupun gambar.

Memanfaat Fitur

Ada beberapa jenis fitur yang tersedia untuk memaksimalkan iklan di facebook. Fitur tersebut adalah:

  1. Custom audience.
  2. Retargeting.
  3. Conversion tracking.
  4. Lookalike audience.

Setelah itu, Anda bisa menentukan waktu iklan yang tepat. Dengan begitu, iklan dengan social media ads bisa berjalan dengan baik dan konversi bisa dilakukan.

Previous Article
Next Article